08 August 2012

Pengertian database

By
Baru juga beberapa hari masuk kuliah, saya sudah dibekali tugas dengan beberapa pengertian yang harus saya cari, namun tak apalah, namanya juga berkuliah ya harus sering-sering belajar, betul ga?
Tugas pertama saya adalah mencari definisi-definisi database, file, field dan tabel. akhirnya setelah membaca referensi buku disana-sini dan dilengkapi dengan modul perkuliahan dari dosen sayapun menemukan jawabannya, dan langsung saya bagikan ke teman-teman yang mungkin juga membutuhkan. Monggo di pahami..

    Definisi Basis Data (Database) :
o    Himpunan kelompok data (arsip) yang saling berhubungan yang diorganisasi sedemikian rupa agar kelak dapat dimanfaatkan kembali dengan cepat dan mudah.
o    Kumpulan data yang saling berhubungan yang disimpan secara bersama sedemikian rupa dan tanpa pengulangan (atau disebut juga redudansi) yang tidak perlu untuk memenuhi berbagai kebutuhan.
o    Kumpulan file / tabel / arsip yang saling berhubungan yang disimpan dalam media penyimpanan elektronis.
o    Sekumpulan data yang saling berhubungan. Data yang tersimpan dalam database merupakan kumpulan dari beberapa file.

1.   Definisi File
- File : kumpulan record yang menyatakan sekumpulan entitas dengan aspek-aspek tertentu yang umum dan terorganisasi untuk maksud tertentu.

2.  Definisi Field
- Field adalah area tempat user memasukkan data yang akan menjadi nilai dari variable tertentu untuk dimasukkan ke dalam database. Sebagai contoh: variable Find, menyediakan field yang dapat diisi oleh user dengan “^f”. Hal ini berarti ^f menjadi nilai dari variable Find yang akan dicatat di dalam database.

3.   Definisi Tabel

- Tabel adalah sekumpulan elemen yang diroganisasi secara kontigu, dan setiap elemen dapat diakses melalui indeksnya.

- Tabel Banyak dijumpai dalam kehidupan sehari-hari, misalnya tabel tarif, perjalanan, jadwal, barang dsb.
Password :
Masukan Email Anda Untuk Mendapatkan Update Artikel Terbaru di Eko_P90

0 komentar:

Post a Comment

Info Statistik